Tuesday, 27 January 2015

9 Tips Lolos SNMPTN 2015

HELLO SOBAT,

UDAH KELAS 12 YA?
UDAH KELAS 3 SMA YA?
UDAH MAU UJIAN NASIONAL YA ?
MAU LANJUT KEMANA SETELAH INI?
"nganggur.. kerja.. lanjut kuliah.. apalagi?"

Mau jadi apa kehidupan kedepannya nanti kalo hanya jadi penggangguran? masa iya mau nadah tangan dibawah terus minta bekal sama orang tua. Nah emang yang paling bagus itu lanjut kuliah dulu lah . Jaman sekarang mah ijazah SMA mau untuk ngelamar kerja apa kawan? ini bukan jaman dahulu seperti ketika orang tua kita muda yang lulusan SMA itu sangat dibutuhkan oleh tempat kerja. Kini SMA sudah mayoritas gratis loh.. apalagi disekolah negeri. Jelas lulusan SMA itu banyak sekali terpublikasi setiap tahun setelah pengumuman kelulusan.

Apalagi sekarang itu ya AEC udah berjalan. Apasih AEC itu? Silahkan googling artinya . Sumberdaya manusia kita ( Indonesia ) akan sangat kalah jauh oleh negara lain jika hanya lulusan SMA saja.

INSYA ALLAH SETELAH MEMBACA ARTIKEL INI ANDA BERHASIL DALAM SNMPTN


9 TIPS LOLOS SNMPTN 2015



Artikel ini bukan asal tips atau saran untuk bisa lolos dalam SNMPTN 2015. Tapi saya buat artikel ini agar kawan-kawan dapat terbuka wawasan juga betapa pentingnya untuk melanjutkan kuliah.

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa (khususnya calon bakal lulusan SMA) ibarat pisau yang sedang diasah oleh pandai besi. Kenapa pisau? apa hubungannya dengan pisau?

Coba deh kalian perhatikan fungsi pisau untuk apa? Oke pasti kalian semua sangat cekatan menjawabnya bahwa fungsi pisau ya untuk memotong. Tapi bukan hanya itu kawan-kawan.. pisau itu punya dua sisi manfaat yang positif dan negatif. Yang positif itu ialah ia dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam hal yang berhubungan dengan dapur atau apapun yang lain. Nah dalam hal ini kita generasi muda bangsa akan menjadi seorang ketika dia belajar untuk melanjutkan kuliahnya, saat lulus nanti mereka akan menjadi orang-orang hebat yang akan sangat berkontribusi untuk membantu dan menolong orang lain yang ada disekitarnya. Terutama orang tua kita yang selama ini banting tulang tak kenal lelah mencari duit untuk membiayakan kita berkuliah. Tega kah kita mensia-siakan keringat mereka, energi mereka, dan waktu mereka yang dengan ikhlasnya mereka habiskan hanya demi melanjutkan jenjang pendidikan kita?

Pasti setiap anak bangsa ini, selalu ingin membahagiakan orang tua mereka. Nah bagaimana sebaliknya? pisau pun bisa menjadi benda yang melukai tangan orang yang memegangnya. Begitu pula dengan generasi muda bangsa, ketika mereka tidak memanfaatkan masa mudanya dengan baik. Mereka bisa menjadi seseorang yang merugikan orang lain. Terutama orang tua kita, mereka akan menjadi kerepotan dan membuat sedih orang tua. Tega kah kita membuat orang tua menangis setelah 17 tahun kita di besarkan, di didik namun balas jasa kita hanya menyusahkan? Saya harap itu menjadi perenungan terhadap kawan-kawan yang akan sukses masa depannya. Itu Sedikit motivasi dari saya. Sekarang silahkan simak tips dalam strategi untuk lolos SNMPTN 2015 . Baca juga Tips memilih jurusan pada SNMPTN 2015.

1. Hitung Nilai Rapot

Penilaian melalui jalur SNMPTN itu salah satunya menggunakan nilai rapot. Maka tugas kawan-kawan sekarang adalah buka kembali rapotnya dan hitung rata-rata rapot anda dari semester 1 sampai 5 (tanyakan ke guru BK bagaimana cara menghitungnya, karena ada mata pelajaran tertentu yang tidak dihitung ). Jika sudah semuanya mendapatkan rata-rata ( ingat semester 1-5 ) . Bandingkan dari satu sampai lima apakah selalu meningkat atau meningkat nya sedikit atau fluktuatif meningkat dan menurun. Bersyukurlah bagi anda yang nilai rapotnya selalu meningkat. Namun bagi anda yang memiliki nilai fluktuatif jangan berkecil hati ( jujur saya sendiri dulu fluktuatif loh dari semester 3 menuju 4 menurun tapi naik kembali disemester 5 nya ) .


2. Tentukan Prodi

Prodi alias program studi, ini merupakan tugas berat yang membuat anda galau. Bagaimana tidak? Ketika kalian ingin menentukan pilihan namun orang tua tidak setuju dengan pilihan anda karena jurusan tersebut kurang memiliki prospek pekerjaan. Yakinlah akan ada pertanyaan dari orang tua seperti ini "Mau kerja apa nanti pas udah lulus?". Bersalabarlah kawan. Pilihan prodi tidak Selalu menjamin apakah anda akan selalu bekerja sesuai bidang yang anda pilih tersebut. Saran saya ya lihat kemampuan anda dibidang apa. Kemampuan dan minat anda sangat menentukan kelanjutan Belajar anda saat berkuliah nanti.

Lebih baik pilih prodi dimana anda menyukai pelajaran tersebut dari pada mengambil prodi yang pelajarannya kurang diminati. Namun sesungguhnya, dikuliah tersebut kalian akan dituntun untuk menyukai semua mata kuliah. Karena jika anda mengabaikan mata kuliah tertentu. Anda Akan kesulitan untuk lulus, karena dituntut untuk melampaui mata kuliah yang Anda abaikan. Sulit memang bagi anda yang sudah ditentukan orang tua Untuk Mengambil prodi yang mereka sarankan tetapi kalian tidak menyukai Prodi tersebut karena kurang minat. Bagi anda yang mengalami kasus tersebut. Cobalah Renungi prodi anjuran orang tua. Jika anda Yakin akan prodi Tersebut dan siap Menikmati konsekuensinya, maka ambilah.

Tetapi jika anda ingin menentukan prodi sendiri berdasarkan keyakinan anda. Yakinkan orang tua bahwa Jurusan yang anda pilih merupakan prodi terbaik karena anda Akan berusaha lebih maksimal ketika Sudah berkuliah.

3. Tentukan Universitas

Jika Sudah menentukan prodi yang diinginkan, tugas anda selanjutnya Adalah cek universitas yang memiliki Prodi yang ingin anda pilih. Buka situs resmi universitas Tersebut dan lihat prodi Yang ingin anda ambil (kalo saya sih dulu cek Mata Kuliah, jumlah SKS, prestasi, riset yang sedang dijalani, kerjasama universitas dengan instansi lain dan akreditasi prodi tersebut ) . Setelah membacanya, saya semakin bersemangat untuk mengejar prodi di Universitas tersebut.

4. Liat Kualitas Alumni

alumni Juga memiliki peran tertentu dalam keberhasilan anda untuk lolos di SNMPTN karena merupakan salah satu point yang dimasukkan. Cobalah sebisa mungkin untuk menghubungi alumni kalian diuniversitas tersebut. Tanyakan kepada mereka nilai dan perkembangan selama berkuliah (saran sih tanyakan sembari bercanda). Jika alumninya aktif dan prestatif maka peluang semakin terbuka untuk lolos SNMPTN.

5. Cek Akreditasi Sekolah

Tanyakan kepada guru BK anda akreditasi Sekolah anda apa. Beryukurlah jika sudah A. peluang pun semakin terbuka untuk lolos SNMPTN.

6. Kumpulkan Sertifikat

Saat Pendaftaraan SNMPTN, kalian memiliki 10 slot untuk upload sertifikat. Ikutilah berbagai Lomba atau olimpiade untuk dimasukkan dalam slot tersebut. Dulu saya itu ikut olimpiade matematika yang peserta mendapatkan sertifikat. Maksutnya adalah, walau tidak lolos maka akan tetep dapet sertifikat. Lumayankan sebagai tambahan koleksi hahaha. Jika Anda Memiliki berbagai jenis sertifikat.

Masukkanlah sertifikat lomba bertaraf provinsi/nasional, organisasi, toefl dari lembaga resmi. Ingetloh sertifikat sangat menjadi point plus bagi  anda. Semakin tinggi tingkat lomba yang anda miliki sertifikatnya, semakin memperbesar peluang diterima SNMPTN.

7. Minta Restu Orang Tua

Ini satu langkah yang amat penting yang tak kalah dengan yang lainnya. inget sob ridhonya Allah terletak kepada ridho nya kedua orang tua. Jadi sebelum kalian ingin berlabuh pada pilihan yang mana. Sudah menjadi kewajiban untuk berkonsultasi kepada orang tua. Mintalah doa atau perizinan kepada mereka ingin mengambil jurusan di Universitas favorit anda.

Pantang sekali untuk menentang orang tua ya, karena bisa gak berkah loh nanti kuliahnya. Buat mereka percaya terhadap anda bahwa jurusan tersebut memang pilihan terbaik untuk masa depan. Maka anda pun harus mempertanggung jawabkannya dengan berprestasi nantinya.

8. Berdoa

Surfey udah, menentukan jurusan serta universitas udah, doa restu kedua orang tua pun udah. Ibaratnya mah Ikhtiar udah semua nih. Ya sisa doanya dong yang harus rajin dijalani. Tingkatkanlah ibadah, jadikanlah ini juga sebagai momen renungan bahwa anda sudang menjajaki masa dewasa. Dimana harus lebih serius lagi dalam menjalani amanah yang nantinya didapat setelah pengumuman SNMPTN.

 

9. Bersyukur

Ikhtiar dan doa udah. Satu tahap terakhir adalah bertawakal atas apa yang didapat. Hasil apapun yang nanti didapat itu sudah menjadi jalan terbaik bagi anda. Jika berhasil lolos SNMPTN, maka bertanggung jawablah dengan berprestasi didalamnya. Namun jika belum lolos SNMPTN, maka Allah menginginkan lagi agar anda berusaha lebih maksimal melalui jalur yang lain. Seperti SBMPTN dan Mandiri.

Itu saja 9 tips lolos SNMPTN yang dapat saya bagikan, postingan ini dibuat agar rekan-rekan calon penerus bangsa yang hebat ini mendapatkan apa yang dicita-citakan. Jika postingan ini menarik dan memberikan inspirasi, maka ceritakanlah kepada teman-teman atau berikan link ini kepada mereka agar teman dekat kalian juga semakin bersemangat dalam mencapai cita-citanya.

9 comments:

  1. thanks for it, hmmb.. sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Ka Saya dari SMAN 1 Kupang, NTT
    Saya akan ambil Jurusan kedokteran dan arsitektur interior di UI dan UNDANA (NTT)
    Saya ingin tanya pendapat kaka tentang nilai2 saya, APAKAH saya punya PELUANG untuk masuk SNMPTN??
    Pendidikan Agama : 91,93, 95, 96, 98
    Pendidikan Kewarganegaraan 81,81, 88, 88, 90
    Bahasa Indonesia : 82, 83, 83, 83, 85
    Bahasa Inggris : 85, 93, 94, 95, 97
    Matematika : 82, 85, 85, 86, 89, 91
    Fisika : 83, 85, 87, 88, 90
    Kimia : 80, 84, 85, 87, 90
    Biologi : 84, 85, 87, 87, 89
    Sejarah : 82, 83, 86, 92, 94
    Geografi : 84, 85 (IPA, Geografi hy diklas 10)
    Ekonomi : 80, 83, (IPA, geografi hy dikelas 10)
    Sosiologi : 87, 90 (IPA, sosiologi hy dikelas 10)
    Seni Budaya : 84, 85, 90, 99, 98
    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan : 79, 81, 82, 88, 90
    Teknologi Informasi dan Komunikasi : 81, 82, 85, 86, 88
    Keterampilan/Bahasa Asing : 84, 86, 86, 85, 88

    Secara prestasi, SMAN 1 Kupang cukup baik. tapi lebih banyak keterima SNMPTNnya di Kedokteran UGM. hampir setiap tahun pasti ada sekitar 2 orang. Saya kebetulan dikelas akselerasi. Saya bukan juara, tapi hampir semua teman sekelas saya (yang juara, maupun tidak) akan memilih SNMPTN kedokterannya di UGM.
    Saya memilih kedoktera UI karena kemauan orang tua. Apakah menurut Kakak saya punya PELUANG masuk SNMPTN berdasarkan nilai dan ruang menghindari kawan2 saya di UGM?
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya setiap orang punya rejekinya masing-masing dek. Mau daftat di PTN mana aja, akan diterima jika itu sudah rejeki anda.
      Bukan kapasitas saya untuk menjawab bisa diterima atau tidak. Tapi coba aja dulu... .

      Tips saya : cek kembali point no 4 dan 5. Lebih baik mencoba karena akan tau hasilnya. Dan jangan terlalu berharap setelah memilih di snmptn karena itu masi tabu. Terus usaha keras untuk "real fighting" di ujian tertulis.

      Semoga menjawab pertanyaan :)

      Delete
  3. Kak, saya mau nanya. gimana ya kalau saya ambil
    1. Jurusan IPS di universitas A
    2. Jurusan IPA di universitas A
    3. Jurusan IPS di universitas B
    Apa itu berpengaruh untuk lulus di snmptn? thanks before kak
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam kasus ini. pastikan dulu jurusan anda ipa/ips dek? Kaeena hal tersebut berpengaruh

      Delete
    2. Tergantung dari kebijakan si universitas tersebut dek. Urutan pilihan menjadikan prioritas. logikanya kalo anda jurusan ipa, tapi ngambil ips. Maka akan di prioritaskan orang (jurusan ips) yang memilih prodi ips. Ini bukan hal mutlak. Namun kembali lagi kepada kebijakan univ. Dan itu tidak ada yang mengetahui kecuali panitia intern univ itu sendiri. Semoga menjawab pertanyaan :-D

      Delete
    3. Ok thanks ka. ohya ka mau nanya satu lagi. Kalo kita mau daftar snmptn lebih baik kita meletakkan pilihan 1 itu berdasarkan daya tampung atau prioritas?

      Delete
  4. Halo kaaa. Saya mau nanya. Saya berasal dari SMA di Bandung. Kalau saya mencantumkan begini:
    1. FKG Universitas Jember
    2. FK Universitas Jember
    3. Psikologi Universitas Padjajaran

    Apa kah bisa?

    ReplyDelete