Tuesday, 3 February 2015

7 Permainan Masa Kecil Dulu

Hallo sobat.
Kembali lagi dalam kicauan merpati. Entah ya beberapa hari belakangan ini hujan sering turun di daerah jakarta dan sekitanya dan mengakibatkan banjir di beberapa titik. Bagaimana di daerah kalian? Semoga terhindar dari berbagai penyakit. Seperti salah satu contohnya yaitu demam berdarah. Biasanya anak kecil nih yang sering terjangkit penyakit satu ini, karena mereka memang rentan dan kekebalan tubuhnya pun belum seperti orang dewasa pada umumnya.

Ngomong-ngomong soal anak kecil. Saya mau bahas beberapa permainan ketika masa kecil dulu yang saya rangkum pada 7 Permainan masa kecil dulu. Jaman sekarang ini saya hampir jarang lihat loh anak-anak kecil bermain diluar rumah seperti kita dahulu. Mereka lebih sering memainkan game canggih alias gadjet seperti telpon pintar, tablet dan sejenisnya. Tinggal geser kiri-kanan atas-bawah. Tak seperti mereka yang lahir sebelum tahun 2000an ketika masa kecil masih bermain keluar rumah, manggilin temen dirumahnya buat diajak maen sama-sama. Seperti beberapa permainan dibawah ini.

7 Permainan masa kecil dulu

Kelereng


Kelereng atau disebut juga gundu permainan yang menggunakan bahan dasar kaca yang berbentuk seperti bola dengan diamater yang kurang dari 2 cm . Permainan ini biasanya dimainkan oleh banyak anak kecil bergender pria ( wanita juga gak kalah loh ya ). Bisa dimainkan dengan beberapa metode, seperti membuat lingkaran di tanah dan menaruh beberapa kelereng didalam lingkaran tersebut, pemain bertugas untuk mengenai kelereng yang berada didalamnya hingga keluar baru kelereng itu bisa didapatkan. Siapa yang mendapatkan jumlah terbanyak maka dialah pemenangnya.


Gangsing

Ini nih mainan yang cukup greget kalo lagi tanding. Dulu mainan gangsing yang saya mainkan sih terbuat dari kayu dengan talinya yang melilit si gangsing tersebut, kalo daerah saya menyebutnya panggal. Kalo dari kalian disebutnya apa? Kenapa saya bilang greget, karena permainan salah satunya dapat dimainkan mirip seperti kelereng, dimana pemain membuat lingkaran dan berusaha untuk mengeluarkan gangsing yang ada didalam lingkaran tersebut (milik pemain pasif). Kalo kelereng tadi disentil, nah untuk gangsing ia dilempar ketanah . Nah misalkan gangsing si pemain yang hidup mengenai gangsing pemain pasif sampai keluar, maka status pemain pasif tersebut berubah menjadi pemain aktif. Tapi kalo lagi apes, gangsing pemain pasif dapat terbelah oleh gangsing pemain aktif. Hal tersebut disebabkan paku menancap di gangsing yang mengakibatkan terbelah. Makanya saua bilang greget hehe.

Kartu

Mungkin permainan yang satu ini masi sering terlihat dimainkan oleh anak-anak kecil sekarang. Yap permainan kartu yang banyak gambarnya ituloh. Biasanya kalo cowo seneng koleksi gambar robot seperti gundam, power ranger dan sebagainya, namun kalo cewe yaa.. mayoritas barbie kali yaa hehe. Tapi gak random ko cowo cewe mah. Itu hanya sekedar contoh aja. Banyak metode yang bisa dimainkan kan seperti bantingan, tepokan atau selip kartu ( cara ketiga agak asing yah hehe ) .

Biji-bijian


 

ituloh biji yang mirip salak. Aduh agak lupa itu namanya... yaa itulah pokoknya. Kalo ada yang tau tolong komen ya sebutannya. Permainan yang unik. Cuma menumpuk dua buah biji tersebut dan menumpuknya hingga salah satu dari mereka ada yang pecah. Yap pemenangnya adalah yang berhasil untuk gak pecah. Simpel kan? :D. Dulu saya sendiri pernah mensiasati dengan menggunakan biji salah. Sampai temen heran kenapa kuat sekali bijinya. "Itu namanya curangkan? " Hahaha iya bener. Maklum namanya masih kecil pengennya selalu menang :D


Layang-layang

Cari yang kayunya bagus, buat tali-kama yang seimbang, beli benang yanh bagus dan cari arah angin mengarah. Begitulah cara memainkan permainan yang satu ini. Dengan mengikuti arah angin. Tekanan yang berada diantara permukaan kertas tersebut membuatnya terbang serta tali-kama membuatnya seimbang ( walau ada yang dibikin muter ), kalo singit sih derita sampean :p . Biasanya di adu nih satu sama lain. Yang putus ya harus siap beli lagi.

Pistol kayu

 
Pistol yang terbuat dari kayu dibentuk seperti tabung yang dibagian tengahnya kosong melompong. Lalu buat tusukan yang sesuai dengan lobang kayu tersebut. Cara memainkannya tingal sobek kertas secukupnya, lalu basahkan dan bentuk lingkaran. Masukkan kedalam ban pistol tersebut. Dan tusuk yang keras hingga. Lumayan geli kalo kena badan haha.

Pistol plastik

 

Yang terakhir pistol plastik. Ini permainan yang menggunakan peluru yang berbahan plastik. Agak bahaya mainan yang satu ini, karena dapat menyebabkan kebutaan jika terkena mata.


Itulah 7 permainan anak kecil dulu. Beda banget ya jaman kita sama jaman anak kecil sekarang. Semua mainan di atas itu adalah permainan tradisional yang dibuat oleh pengrajin mainan lokal loh. Jadi kita berkewajiban untuk melestarikannya juga denfan cara terus dimainkan oleh anak kecil. Agar mereka dapat bertahan hidup dengan memproduksinya. Artikel diatas berdasarkan pengelaman penulis loh hehe. Sekian pembahasan ini, kalo ada tambahan mainan yang belum tersebut tinggal komen aja pasti dijawab. Bahasa atau istilah yang dipake diatas adalah bahasa lokal saya ketika kecil dulu. Jadi maaf ya jika berbeda dengan bahasa di daerah kalian. Silahkan komentar istilah yang digunakan oleh daerah kalian.

1 comment:

  1. Wah, Blog agan keren. Tutorialnya bermanfaat dan mudah dimengerti gan.

    Kenapa agan tidak daftarin blog agan di Google Adsense aja? apa karena sering ditolak jadi malas gan?

    Ini nih, ane punya saran.

    Ane buka jasa gan, "Jasa Pembuat Akun Google Adsense Non Hosted", dimana iklan bisa tampil di TLD ( Website dengan domain .com, .net dan sebagainya ), termasuk bisa tampil di blogspot dan youtube gan. Jika agan berminat, bisa blog walking (BW) aja kesini gan: http://www.jasaadsense.web.id

    Tenang aja gan, no tipu-tipu. Kalau agan mau, agan bisa memilih apakah mau didaftarin baru atau mau akun yang udah jadi. Kalau misalnya agan mau akun yang udah jadi, agan langsung dapat miliki akun tersebut setelah agan melakukan pembayaran.

    Sampai Jumpa kembali dan Salam Blogger.

    ReplyDelete