Saturday, 31 January 2015

Tips memilih jurusan pada SNMPTN 2015

Hallo Sobat,
Kembali lagi dengan informasi seputar kuliah nih. Pada pembahasan sebelumnya saya sudah share tentang 9 tips lolos SNMPTN 2015 yang merupakan cerita pengalaman penulis.




Pada pembahasan kali ini, saya akan share tips memilih jurusan pada SNMPTN.

Jurusan kuliah? Banyak yang memimpikan ingin melanjutkan kuliah di jurusan kedokteran, teknik, komputasi, ilmu murni, maupun di sastra. Ini merupakan hal yang perlu pertimbangan besar. Kenapa? Karena jika berhasil lolos, maka akan menjadi proses panjang dalam mencari pekerjaan.

Tips memilih jurusan pada SNMPTN 2015

Dalam memilih jurusan, siswa biasanya kebingunan untuk memilih jurusan yang ingin dia ambil. Padahal waktu terus berjalan dan akhirnya kehabisan waktu jadi pusing sendiri. Dulu, saya menggunakan cara sendiri agar itu sesuai dengan kemampuan dan tepat pada keinginan. Setelah diolah, ditemukanlah metode yang muda dipahami dalam memilih jurusan. Saya sebut ini dengan metode 3L. Apa itu 3L? Langsung aja simak 3L dibawaj ini.


1. Lihat minat

Minat sangat menentukan dalam langkah awal memilih jurusan, karena kalo gak klop atau gak sesuai hati, akan menjadi boomerang. Yang maleslah, yang betelah, yang terpaksalah. Pada akhirnya mengurangi kemampuan dalam mempelajari mata kuliah itu sendiri.

(Review sedikit, setahun yang lalu saat masi kelas 12 juga dapet informasi dari guru BK untuk menentukkan jurusan yang mau di ambil. Yauda karena dari SMP suka banget sama yang namanya komputer dan merasa nyaman berlama-lama menatapnya ( nyaman beneran loh kalo udah cintahmah hahaha ). Akhirnya ngebet tuh mau ambil jurusan yang berhubungan dengan komputer). Dan alhamdulillah kini berhasil mendapatkan satu nama di Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu Komputer melalui jalur SNMPTN).

Jadi minat itu penting ya kawan. Usahakan minat itu berasal dari hobby atau kecintaan. Karena jika udah cinta pada suatu hal, mau berjam-jam lamanya pasti akan seneng aja dijalaninya ( kaya berlama-lama sama gebetan hahaha ). Hindari hal ngikutin temen! Itu secara tidak langsung bertolak belakanh dengan minat. Karena tidak berdasar atas hobby atau cinta. Hey sob, ini buat masa depan anda, mereka punya cara dan kemampuan sendiri dibidang mereka.

2. Lihat kemampuan diri

Point kedua ini sangat menentukkan  ketika anda sudah berada dalam jurusan tersebut. Mengapa? Karena dikuliah itu sistemnya harus lulus semua mata kuliah. Jika ada mata kuliah yang belum lulus, maka disemester akhir nanti anda bisa sulit untuk sidang ( standarisasi kelulusan mata kuliah disetiap PTN atau PTS itu berbeda-beda ya, mengikuti aturan masing-masing ). Lihatlah kemampuan diri anda. Jika senang menghafal,  ambilah jurusan yang sedikit menghitungnya. Namun, jika senang menghitung, ambilah jurusan yang banyak hitungannya. Simpel kan?

Periksalah berapa SKS jurusan yang ingin anda ambil, serta mata kuliah apa saja yang akan anda hadapi. Jadi dari jauh-jauh hari anda udah siapkan diri untung menghadapi mata kuliah yang kurang disukai. Ibaratnya mah udah latihan militer sebelum ada perang betulan hehehe. Cara untuk melihatnya cukup mudah, yaitu dengan googling universitas yang ingin dicari tahu. Keyword : Mata Kuliah (jurusan) di (universitas). Contoh : Mata Kuliah Ilmu komputer di IPB


3. Lihat Kebutuhan Lapangan Kerja

Pada dasarnya kita kuliah untuk apa? Untuk memperoleh pekerjaan bukan? 

Point terakhir ini merupakan hal yang akan dijumpai pada fresh graduate. Tapi wajib diketahui di awal sebelum menentukan jurusan. Ibaratnya mah pilot pesawat mau landing di bandara mana sebelum lepas landas.

Banyak dari orang tua yang khawatir anaknya akan sulit mendapatkan pekerjaan jika anaknya memilih jurusan X , karena perusahaan kurang membutuhkan orang yang memiliki keahlian tersebut untuk bekerja ditempatnya.
Nah disini peran anda adalah mencari informasi tenaga ahli mana yang akan dibutuhkan dalam 5 atau 20 tahun kedepan.

Yang perlu digaris bawahi adalah tidak selamanya anda bekerja sesuai keahlian dijurusan yang anda miliki. Allah memiliki rencana yang lebih indah untuk kehidupan anda.


Itu saja tips memilih jurusan pada SNMPTN 2015 yang dapat saya bagikan, postingan ini dibuat agar rekan-rekan calon penerus bangsa yang hebat ini mendapatkan apa yang dicita-citakan. 


Jika postingan ini menarik dan memberikan inspirasi, maka ceritakanlah kepada teman-teman atau berikan link ini kepada mereka agar teman dekat kalian juga semakin bersemangat dalam mencapai cita-citanya.

No comments:

Post a Comment